Hindari! Ini 5 Kesalahan Fatal dalam Memilih Kitchen Set

Kitchen set yang menarik dan juga mampu memberikan kenyamanan ketika memasak pastinya harapan setiap ibu di rumah. Fakta tersebutlah yang membuat banyak ibu yang berlomba untuk mendesain dengan sedemikian rupa. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika melakukannya. Untuk itulah, ada 5 kesalahan fatal yang sebaiknya Anda hindari.

  1. Layout yang Tidak Efisien

Hal pertama yang mesti Anda ketahui adalah fungsi utama dari dapur itu sendiri. Tidak lain adalah untuk menyiapkan makanan ataupun memasak. Sayangnya, fungsi yang terdengar sederhana ini masih dilewatkan banyak orang. Banyak orang yang lebih mementingkan desain layout ketimbang fungsi dari dapur itu sendiri.

Desain layout yang dimaksud adalah posisi dari berbagai alat masak yang menganggu. Mulai dari kompor, rak piring, meja makan hingga lemari pendingin. Banyak yang beranggapan asalkan tampilannya bagus maka cukup sudah. Padahal tampilan yang bagus apabila fungsinya tidak berjalan seperti seharusnya akan menjadi sia-sia.

  1. Tidak Sesuai dengan Prinsip Kitchen Triangle

Apakah Anda pernah mendengar tentang prinsip kitchen triangle? Apabila iya, selamat setidaknya Anda sudah mengetahui tentang dasar membuat dapur memiliki fungsi seharusnya. Prinsip yang satu ini sederhananya adalah tentang tiga hal penting dalam dapur yang harus berurutan agar bisa memaksimalkan fungsi dapur.

Tiga hal tersebut adalah area penyimpanan makanan yang meliputi lemari pendingin ataupun lemari biasa. Kedua adalah area mempersiapkan makanan yang meliputi meja makan. Ketiga adalah area memasak. Tiga hal ini mesti berurut yakni area penyimpanan makanan kemudian area mempersiapkan makanan dan diakhiri dengan area memasak.

Apabila tiga hal ini disusun secara urut maka dipastikan Anda tidak akan lagi dipusingkan dengan kegiatan memasak di dapur. Bahkan kondisi pusing atau mondar-mandir yang sering dialami oleh banyak orang karena mereka tidak menerapkan prinsip kitchen triangle ini.

  1. Area Kerja yang Sempit

Bagi mereka yang hobi memasak maka counter top atau area kerja adalah hal yang penting. Sayangnya banyak melupakan hal ini demi layout dapur yang sebenarnya tidak terlalu penting. Padahal dengan memiliki area kerja yang luas maka selain kenyamanan yang didapatkan juga bisa mempercepat kegiatan Anda dalam memasak makanan.

  1. Instalasi Listrik yang Berantakan

Dengan kemajuan zaman, kemajuan teknologi sudah dimanfaatkan untuk banyak hal. Tidak terkecuali untuk kegiatan memasak di dapur. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak alat-alat memasak yang berada di dapur. Sayangnya hal ini, seringkali dibarengi dengan instalasi listrik yang berantakan pada dapur.

Hal tersebut dapat terlihat langsung dari berbagai stop kontak yang tersusun tidak rapi. Kondisi inilah yang kemudian biasanya membuat berbagai kabel untuk menyalakan mesin jadi berantakan. Bukan hanya tidak akan enak dipandang mata tapi juga lebih dari itu. Kemungkinan terburuknya adalah keselamatan Anda yang bisa terancam.

  1. Terbuat dari Material yang Tidak Tepat

Tahukah Anda bahwa masih banyak orang yang menggunakan kayu untuk perabotan di dapurnya? Dari segi estetika, mungkin pemilihan kayu ini akan terlihat menarik. Sayangnya, material ini sangat tidak tepat untuk berada di dapur. Kenapa begitu? Alasannya sederhana saja karena kayu tidak tahan dengan panas dan air yang seringkali ada di dapur.

Jadi apabila Anda ingin memilih kitchen set maka pastikan lima hal yang sudah disebutkan di atas dihindari. Jangan sampai deh, Anda sudah mengeluarkan biaya yang terhitung banyak tapi tidak sesuai dengan fungsinya. Pastinya Anda akan rugi sendiri.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published