Ini Dia Perlengkapan Mendaki Gunung yang Tidak Boleh Dilupakan

Mendaki gunung memang kegiatan outdoor yang sangat menyenangkan, terlebih lagi jika bersama teman-teman tentunya akan menambahkan keseruan tersendiri, sehingga Anda pun dapat untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, termasuk menyiapkan pada perlengkapan yang nantinya akan Anda gunakan pada saat Anda akan camping di gunung. Dengan perlengkapan yang sudah Anda bawa dari rumah, maka hal ini pun juga akan memunculkan kenyamanan bagi Anda pada saat Anda mendaki.

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mendaki, tentunya masih merasa kebingungan barang dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa agar Anda dapat mendaki dengan lancar tanpa ada halangan apa pun, maka Anda dapat untuk mengintip pada beberapa perlengkapan yang wajib untuk Anda bawa pada saat Anda ingin mendaki. Sedangkan untuk perlengkapan yang dapat untuk Anda persiapkan pun juga tidak akan membuat Anda ribet saat membawanya.

Berikut ini ada beberapa perlengkapan yang tidak boleh Anda lewatkan pada saat Anda akan mendaki gunung, yaitu sebagai berikut ini:

  • Tenda/Dome.

Tenda/dome barang yang wajib untuk dibawa pada saat mendaki, karena dengan membawa tenda inilah yang akan menjadikan pendaki dapat terhindarkan dari udara yang dingin, terhindarkan dari bahaya hewan maupun untuk dijadikan tempat istirahat yang nyaman.

  • Hammock.

Hammock digunakan untuk tempat berlindung dan sebagai pengganti dome atau tenda.

  • Carrier/tas Gunung.

Dengan membawa tas gunung maka segala barang bawaan Anda pun dapat ditempatkan pada satu tempat sehingga barang-barang bawaan Anda tidak bercecer.

  • Peralatan memasak.

Peralatan memasak yang dapat Anda bawa yaitu kompor lapangan atau nesting. Kompor lapangan menggunakan bahan bakar cair, gas maupun padat. Jangan lupa membawa gelas, piring dan sendok, bawalah peralatan makan dari bahan plastik agar lebih aman.

  • Sepatu gunung.

Mendaki tentunya akan melewati medan bebatuan dan medan yang membahayakan, maka gunakan sepatu gunung untuk melindungi kaki dari bebatuan yang keras dan tajam.

  • Jaket gunung.

Karena udara di gunung sangat dingin, maka jangan lupa untuk menggunakan jaket gunung agar tubuh tidak merasa kedinginan.

  • Sleeping bag.

Agar tidur Anda tetap nyaman meskipun di gunung dengan udara yang sangat dingin, maka jangan lupa untuk membawa sleeping bag.

  • Senter.

Senter juga penting untuk Anda bawa, karena senter akan memiliki banyak fungsi saat malam hari.

Jangan sampai ke 8 perlengkapan mendaki yang ada di atas Anda abaikan, karena jika Anda mengabaikan pada perlengkapan mendaki yang seharusnya Anda bawa, maka kegiatan mendaki Anda pun tidak akan berjalan dengan baik, justru disana Anda akan mengalami banyak kesulitan, sehingga daripada Anda meminjam teman maka alangkah baiknya jika Anda membawanya sendiri dari rumah.

Dengan membawa perlengkapan mendaki yang lengkap maka aktifitas mendaki Anda pun dapat berjalan dengan lancar, terlebih lagi bagi Anda yang belum pernah mendaki maka sangat penting untuk membawa ke8 perlengkapan seperti yang ada di atas, dengan begitu maka Anda pun tidak akan mengalami kendala pada saat Anda membutuhkan perlengkapan yang Anda butuhkan nantinya.

Jika Anda belum memiliki perlengkapan mendaki gunung yang lengkap, maka Anda dapat untuk melakukan pembelian terlebih dahulu sebelum Anda pergi mendaki, untuk mendapatkan peralatan yang lengkap pun juga sangatlah mudah, karena Anda dapat untuk membelinya di beberapa toko perlengkapan gunung maupun di beberapa toko online yang menyediakan banyak pilihan mengenai perlengkapan mendaki Anda.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published