Kulit Lembab dan Sehat, Berikut Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Menjaga kulit agar tetap lembab sebenarnya mudah-mudah gampang. Ada banyak cara sederhana yang bisa kamu coba mulai sekarang. Asal kamu mau melakukannya dengan rutin, kulit lembab bukan sekedar mimpi untukmu. Kulit lembab menjadi salah satu hal yang diidamkan oleh banyak orang, karena kulit yang lembab menjadi salah satu tanda bahwa kulitmu sehat.

Kulit lembab pun akan mencegah masuknya kuman ke dalam kulit dan mencegah terjadinya iritasi atau penyakit kulit yang jelas mengganggu. Penting diingat, kulit kering dan pecah-pecah memudahkan aneka kuman masuk ke dalam kulit. Siapa sih, yang secara sukarela mau membiarkan kulitnya jadi sasaran kuman dan penyakit?

Sudah jadi kewajibanmu mulai sekarang untuk menjaga kesehatan, kebersihan dan kelembaban tubuh. Apa saja sih cara sederhana yang harus kamu lakukan agar kulit tetap lembab?

  1. Mandi secukupnya. Mandi memang jadi rutinitas yang harus kamu lakukan. Namun bukan berarti semakin lama mandi atau berendam akan semakin baik efeknya untuk tubuh. Batasi mandi maksimal 15 menit saja. Sebisa mungkin, hindari menggunakan air yang terlalu panas karena minyak alami pada kulit bisa hilang dengan cepat.
  2. Pilih sabun cair. Sifatnya lebih lembut dibandingkan sabun batang. Sabun cair juga lebih bisa menjaga minyak alami kulit. Pilih sabun dengan pH yang mendekati normal ya!
  3. Gunakan produk dengan formula tepat. Pilih produk yang mengandung nutrisi seperti vitamin E, vitamin C, vitamin B6, zinc, folat, serta vitamin A.
  4. Konsumsi ikan. Sekurang-kurangnya kamu dianjurkan konsumsi ikan dua kali dalam seminggu. Pilih ikan-ikanan yang banyak mengandung omega 3 seperti salmon, ikan tuna atau ikan tongkol. Omega 3 sangat baik dalam urusan melembabkan tubuh.
  5. Konsumsi vitamin. Kebutuhan tubuh akan vitamin serta nutrisi begitu besar. Jika dirasa perlu menambahkan asupan vitamin untuk memenuhi semua kebutuhan tubuh, tak perlu ragu lho.
  6. Perhatikan kembali jam tidurmu. Manusia disarankan tidur 8 jam dalam sehari. Jika kurang, tubuh akan memberikan reaksi berbeda-beda. Mulai dari tubuh mudah lelah, mata berkantung, hingga kulit yang akan cenderung lebih kering. Kurangi begadang, kalau tak ada kegiatan ya!
  7. Hindari terkena AC dalam waktu lama. Jika memang tuntutan pekerjaan mewajibkanmu terkena AC dalam waktu lama, jangan ragu untuk selalu membawa pelembab yang bisa kamu oleskan setiap dibutuhkan. Selagi bisa, berjemurlah setiap pagi agar tubuh tidak terlalu kering dan mendapat vitamin yang cukup dari sinar matahari.

Menjaga kesehatan dan kelembaban tubuh memang susah-susah gampang. Tapi jika kamu lakukan sejak dini, manfaatnya bisa kamu rasakan nanti. Tak ada salahnya mengeluarkan dana lebih untuk tubuh sendiri. Toh harga pelembab tubuh begitu bervariasi, kamu bisa lebih bijak memilih yang sesuai kebutuhan, dan sesuai pula dengan kantongmu.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published