4 Tips Mudah Menentukan Asuransi Yang Tepat Untuk Diri Sendiri Ataupun Keluarga

Bagi Aanda yang sudah berkeluarga dan mengharapkan adanya jaminan hidup yang lebih aman terkendali di masa mendatang, pasti terpikirkan untuk menggunakan asuransi, entah itu asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan lainnya. Hal ini wajar, mengingat berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Sebagai bentuk proteksi, tidak ada salahnya untuk memakai asuransi sebagai sarana perlindungan maksimal, baik bagi diri sendiri ataupun keluarga. Hanya saja, banyaknya perusahaan asuransi yang ada saat ini, tidak jarang membuat bingung, terlebih ada beragam kelebihan yang ditawarkan, mulai dari premi asuransi terjangkau , layanan yang mudah, pencairan dana yang cepat dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan memilih asuransi yang tepat dan benar, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini!

  • Perusahaan Asuransi Terdaftar

Anda tentu tidak ingin terkena tipu penipuan berkedok asuransi, bukan? Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan asuransi yang dipilih sudah berlisensi atau resmi. Hal ini dapat diketahui dengan menanyakan langsung kepada pihak perusahaan mengenai keanggotaan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) atau melakukan pengecekkan sendiri, bisa dengan mencari informasi melalui media internet atau bertanya pada yang ahli dalam bidang asuransi.

  • Sesuaikan Kebutuhan Dan Kemampuan

Tidak semua pengguna asuransi memiliki kebutuhan dan kemampuan yang sama. Sebagai contoh, si A ingin mendapatkan asuransi yang dapat memberikan perlindungan kesehatan, maka bisa memilih menggunakan asuransi kesehatan atau asuransi penyakit kritis. Kemudian, lihat pula berapa pendapatan setiap bulan, untuk menyesuaikan memilih premi yang tepat. Hindari memilih premi yang tinggi atau lebih dari pendapatan.

  • Cari Informasi Yang Jelas Dan Lengkap

Semakin banyak yang Aanda ketahui mengenai perusahaan asuransi yang ingin Aanda pilih, maka semakin baik dan mudah pula menentukan pilihan. Mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai asuransi juga sebagai upaya menghindarkan Aanda dari berbagai kemungkinan buruk, seperti terkena tipu, salah pilih produk asuransi dan lainnya. Jangan pula langsung tergiur jika ada yang menawarkan premi asuransi terjangkau dan murah tanpa melihat terlebih dahulu apa saja ketentuan serta peraturan yang diberikan.

  • Lakukan Perbandingan

Tips terakhir yang bisa dicoba untuk memudahkan Aanda dalam memilih asuransi yang tepat adalah dengan melakukan perbandingan antara satu perusahaan asuransi dengan lainnya. Anda masih berhak melakukan perbandingan selama belum terikat ataupun resmi terdaftar pada satu perusahaan. Memang akan memerlukan waktu melakukannya, namun tentu tidak ada salahnya dilakukan sebagai upaya demi mendapatkan pilihan asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published