5 Tips Kredit Mobil Bekas yang Aman

Zaman sekarang memiliki mobil pribadi bisa dibilang menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang. Berbagai penawaran tersedia untuk memudahkan Anda yang ingin memiliki mobil, salah satunya adalah dengan melakukan kredit mobil bekas. Namun, sebelum melakukan kredit ada beberapa hal yang harus Anda pastikan. Berikut 5 tips kredit mobil yang aman.

  1. Menentukan Jenis Mobil

Peminat mobil bekas saat ini tidak kalah tinggi dibandingkan dengan peminat mobil baru. Hal ini karena banyak mobil bekas yang memiliki kondisi tak kalah bagus dengan mobil baru apabila digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Jika Anda berencana untuk melakukan kredit mobil, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu mobil apa yang ingin Anda beli. Pilihlah mobil yang tahun produksinya masih belum terlalu lama karena mobil yang terlalu tua biasanya akan berpengaruh terhadap performanya.

  1. Siapkan Uang Muka

Jika Anda sudah menentukan pilihan mobil apa yang ingin dibeli, maka Anda harus menyiapkan uang muka berkisar 20 sampai 30 persen dari harga mobil. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan kredit tanpa uang muka namun cicilannya pasti akan lebih besar.

Jika Anda memiliki uang yang cukup ada baiknya Anda membayarkan uang muka agar cicilan semakin ringan. Namun, jika Anda belum cukup uang untuk kredit mobil bekas sebaiknya mengumpulkan uang terlebih dahulu atau Anda juga dapat memilih kredit tanpa uang muka.

  1. Memilih Perusahaan Pembiayaan yang Tepat

Ada dua perusahaan pembiayaan yang bisa Anda pilih jika ingin melakukan kredit mobil. Pertama adalah pihak leasing dan yang kedua adalah bank. Kedua perusahaan ini biasanya akan menawarkan layanan kredit mobil baru dan bekas.

Melakukan kredit mobil di layanan leasing memang bisa dibilang cepat, Anda bisa mendapatkan mobil dengan waktu dua hingga tiga hari setelah pihak leasing melakukan survey dengan catatan persyaratan yang Anda ajukan sudah lengkap. Kekurangan melakukan kredit di layanan leasing adalah bunga yang ditawarkan mahal hingga 9%.

Layanan kredit kedua yang bisa Anda pilih adalah bank. Saat ini banyak bank yang sudah menawarkan kredit kendaraan bermotor (KKB). Jika dibandingkan dengan leasing, melakukan kredit di bank bunga yang ditawarkan lebih murah

Apabila Anda berminat melakukan kredit mobil di bank, Anda harus benar-benar menyiapkan persyaratan secara lengkap. Sebaiknya sebelum melakukan cicilan pastikan Anda memilih perusahaan yang benar-benar terpercaya dan memberikan tawaran yang lebih fleksibel dan juga bunga yang rendah.

  1. Lakukan Survey

Mobil bukan barang yang memiliki harga murah, oleh karena itu sebelum membeli pastikan Anda melakukan survey terlebih dahulu. Pastikan mobil bekas yang ingin Anda beli masih benar-benar layak.  Tidak jarang ada pembeli mobil bekas akan tertipu karena tidak teliti saat melakukan survey.

Lakukan pengecekan mobil bekas dari mulai mesin, body. kilometer, kondisi luar dan dalam mobil. Ajaklah orang yang benar-benar mengerti tentang mobil saat Anda ingin membeli mobil bekas agar tidak tertipu.

Tak hanya soal itu saja, saat membeli mobil pastikan Anda juga melakukan pengecekan kelengkapan dokumen-dokumen mobil mulai dari STNK, BPKB hingga kwitansi pembelian. Pastikan mobil yang Anda beli bukanlah mobil hasil curian.

  1. Lakukan Test Drive

Jika sudah melakukan pengecekan pada kondisi mobil, sebaiknya Anda juga melakukan test drive mobil yang ingin Anda beli. Pastikan mobil masih enak saat dipakai sesuai dengan usia mobil tersebut. Jika ada masalah yang janggal, sebaiknya Anda memilih mobil lain yang lebih baik.

Membeli mobil bekas memang bisa dibilang lebih hemat daripada membeli mobil baru. Namun, pastikan Anda benar-benar memperhatikan kondisi keuangan dan kondisi mobil agar Anda tidak repot dikemudian hari. Itulah beberapa tips kredit mobil bekas yang bisa Anda jadikan acuan saat ingin membeli mobil bekas.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published