6 Penyebab Utama Terjadinya Mimisan pada Anak

Kesehatan Anak perlu Anda perhatikan dengan memberikan makanan yang bergizi dan menjaga kebersihannya. Jika anak dibiarkan main di luar tanpa terkontrol akan terjadi mimisan. Penyebab utama lainnya yang dapat menyebabkan mimisan pada anak sebagai berikut. Anda perlu mengetahuinya agar bisa melakukan tindakan pencegahan yang tepat sesuai dengan penyebab.

  1. Suhu yang Ekstrem

Anak akan mengalami mimisan karena disebabkan oleh suhu yang ekstrem yaitu suhu udara terlalu panas. Bisa juga kondisi suhu udara yang berubah-ubah secara drastis dari panas ke hujan dan ke panas lagi. Suhu ini awal mulainya akan menyebabkan flu yang lama-kelamaan bisa berisiko membuat anak mengalami mimisan dan juga demam.

  1. Mengorek Lubang Hidung

Flu yang dialami anak-anak dalam waktu lama membuatnya merasa tidak nyaman. Anda akan cenderung mengorek lubang hidungnya saat terasa ada yang mengganjal. Ini membuat anak melakukan hal yang tidak diinginkan sampai menyebabkan terjadinya mimisan. Selain mengorek bisa juga disebabkan karena anak terlalu keras membuat ingusnya saat mengalami flu.

  1. Terbentur Benda Keras

Mimisan pada anak juga dapat terjadi ketika hidungnya mengalami benturan benda keras. Pembuluh darah area hidung yang memang lemah menjadi mudah pecah dan mengeluarkan darah. Biasanya peristiwa terbentur ini terjadi saat anak bermain lalu terjatuh dan akhirnya mengeluarkan mimisan.

Ketika anak mengalami hal ini penting untuk mengetahui penyebab benturannya. Tujuannya untuk mewaspadai adanya benturan di bagian otak. Anda harus melakukan cek ke dokter agar lebih aman ketika anak mengalami mimisan karena penyebab ini.

  1. Kelelahan

Aktivitas yang terlalu padat juga dapat membuat anak mengalami mimisan. Hal ini karena dipengaruhi oleh sistem daya tahan tubuh anak untuk aktivitas yang dilakukan. Anda perlu hati-hati dalam mengontrol aktivitasnya. Penting untuk mengatur jadwal anak dengan baik agar tidak membuatnya kelelahan. Selain itu berikan makanan yang bergizi akan tidak mudah lelah.

Penyebab mimisan selanjutnya juga bisa akibat kelelahan. Hal itu karena pembuluh darah yang relatif lemah. Ketika anak mengalami kelelahan, pembuluh darah yang lemah ini mudah sekali tegang lalu akhirnya pecah. Akibatnya mimisan tidak bisa terhindarkan. Hati-hati dengan penyebab anak sering mimisan satu ini.

  1. Alergi dan Benda Asing

Alergi juga dapat menjadi penyebab terjadinya mimisan. Awalnya akan membuat anak menjadi bersin-bersin dan kelamaan akan membuat anak mengalami mimisan. Penting untuk Anda mengetahui penyebab alergi yang dialami oleh anak.

Jika karena debu gunakan masker saat anak melakukan aktivitas outdoor.  ketikaIni membuat anak mengoreknya, sehingga terjadilah mimisan.

  1. Batuk yang Hebat

Anak-anak memiliki sistem imun yang mudah terserang penyakit, penting sekali untuk menjaga makanan yang dikonsumsinya. Jika anak sudah mengalami batuk yang hebat, maka ini akan membuat pembuluh darah bagian hidung menjadi pecah.

Batuk yang terus menerus ini akan membuat anak mengalami rasa sakit yang akan merembes ke bagian hidungnya. Anda perlu memberikan obat agar batuk yang dialami tidak membuat tekanan di dalam pembuluh darah meningkat terus menerus. Tanyakan pada anak ketika batuknya juga mulai membuat anak tidak bisa tidur.

Mimisan pada anak dapat terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Kesehatan anak akan terjaga jika Anda memberikan air putih secara cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Mengingat dehidrasi dapat memicu berbagai jenis penyakit yang dapat menyebabkan mimisan. Jika anak sulit minum air bisa tambahkan dengan pemberian susu dari generasimaju.com.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published