Biar Gak Tertipu, Ini 7 Cara Jitu Menentukan Keaslian Berlian

Berlian merupakan salah satu perhiasan termahal di dunia, membuat tak semua orang bisa memilikinya. Mahalnya harga dari perhiasan mewah ini, membuat banyak oknum penjual mengakalinya dengan menjual berlian palsu pada para konsumen. Agar tak tertipu mentah-mentah karena aksi penjual ‘nakal’ ini, cari tahu keaslian berlian dengan mengikuti 7 cara di bawah ini.

  1. Periksa Daya Tahannya

Batu mulia satu ini dikenal dengan daya tahannya yang sangat tinggi dan dikenal sebagai permata yang paling keras. Walau dibenturkan pada benda yang keras sekali pun, ia tak akan tergores apa lagi pecah atau hancur dengan mudah. Sifatnya ini berbeda jauh dengan produk palsu atau imitasinya. Versi palsunya akan sangat mudah tergores dan juga rapuh saat terbentur sedikit saja.

  1. Cari Tahu Harga Jualnya

Jangan langsung terbujuk rayu penjual, yang menjual batu mulia ini dengan harga yang relatif lebih murah. Umumnya, batu mulia ini memiliki standar harganya tersendiri dan tak akan berbeda jauh, bahkan relatif sama antara satu penjual dengan penjual lainnya. Jika ada yang menjualnya dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasaran, maka Anda patut meragukan keasliannya.

  1. Uji Kepadatannya dengan Air

Air bisa Anda manfaatkan untuk mengecek keaslian dari perhiasan mewah satu ini. Sediakan air sekitar ¾ gelas, lalu masukkan perhiasan tersebut ke dalamnya. Jika berlian itu asli, maka batu mulai tersebut akan langsung jatuh terbenam ke dasar gelas, disebabkan karena kepadatannya yang tinggi. Namun, jika kondisinya terapung di permukaan air, bisa dipastikan itu adalah yang palsu.

  1. Periksa Permukaannya

Permukaan batu mulia satu ini bisa dijadikan sebagai tanda apakah ia asli atau palsu. Manfaatkan kaca pembesar, untuk mempermudah Anda melihat bentuk permukaan dari perhiasan mahal ini. Untuk yang asli, pada permukaannya Anda akan menemukan beberapa kecacatan, dikarenakan proses pembentukannya di dalam perut bumi. Sedangkan yang palsunya, umumnya sangat bersih.

  1. Uji Kemampuannya Menyimpan Panas

Bentuk pengujian lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian batu mulia ini adalah dengan tes udara atau fog test. Cara ini dilakukan untuk mengetahui apakah saat dihembuskan udara pada batu mulia ini, panasnya terperangkap di dalam dan menghasilkan embun atau tidak. Jika setelah udara dihembuskan kondisinya berubah berembun, maka itu adalah produk palsu.

  1. Lihat Cahayanya di Ruang Gelap

Keaslian batu mulia satu ini bisa dilihat dari warna yang dipendarkannya, saat berada di ruangan yang gelap tanpa cahaya. Untuk produk yang asli, warna yang terlihat di ruang gelap adalah biru fluoresens. Sedangkan jika batu mulia itu palsu, maka warna yang dihasilkannya di ruang gelap biasanya adalah hijau, kuning, atau bisa juga abu-abu.

  1. Amati Kilauannya

Kilauan yang dihasilkan batu mulia ini bisa juga dijadikan salah satu tanda keasliannya. Produk palsu biasanya memiliki kilauan yang lebih kentara, bahkan jika dibandingkan dengan produk aslinya. Tak hanya itu, batu mulia yang palsu atau imitasi ini juga bisa memiliki kilauan yang terdiri dari banyak ragam warna, bak pelangi.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda ikuti, untuk mengetes keaslian dari berlian yang akan atau telah terlanjur Anda beli. Jangan biarkan diri Anda masuk dalam perangkap penipuan oknum penjual, yang mengiming-imingi Anda dengan berlian berharga murah. Kecermatan Anda dalam membeli perhiasan mahal satu ini, akan bisa menghindarkan Anda dari risiko penipuan.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published