Cara Tepat Memilih Mainan Bayi untuk Teman Bermain Si Kecil

Mainan dapat Anda temukan bebas dengan harga beragam, tergantung jenis bahan material pembuatnya. Terkadang, Anda pun bingung bagaimana cara memilih mainan bayi yang tak hanya berkualitas bagus namun juga dapat bermanfaat nantinya. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan ketika ingin memberi hadiah untuk anak agar tidak salah pilih.

Sesuaikan Usia

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih mainan untuk si kecil adalah batasan usia yang sesuai. Pastikan mainan tersebut diperuntukkan untuk anak seusia putra-putri Anda. Jangan hanya memberikan mainan karena barang tersebut lucu dan dianggap bermanfaat, tapi sesuaikan juga dengan perkembangan dan pertumbuhan si kecil.

Jika di dalam mainan tersebut tidak terdapat stiker yang menandakan batas usia, sebaiknya Anda bertanya pada pegawai toko agar tidak salah dalam membeli. Untuk anak usia di bawah 2 tahun, sebaiknya hindari memberikan balon kepada si kecil. Jika terpaksa, sebaiknya Anda yang memegang kendali dan singkirkan benda itu saat anak lengah.

Mainan Berkualitas dan Aman

Sebelum membeli barang, pasti Anda akan memperhatikan kualitas barang tersebut terlebih dahulu. Dalam memilih mainan, Anda harus memperhatika bentuk mainan dengan seksama, apakah terdapat sisi kecil berbahaya bagi bayi karena bisa dimasuki oleh jari atau tidak. Pastikan pula mainan kokoh dan tidak mudah pecah ketika dijatuhkan oleh si kecil.

Teliti mainan lebih lanjut, apakah terdapat celah yang mudah dibongkar oleh jari mungil si kecil atau tidak. Periksa dengan saksama bahan pembuat mainan tersebut, pastikan terbuat dari bahan yang aman digunakan dan tidak mengandung zat berbahaya karena bayi memiliki kebiasaan memasukkan benda ke dalam mulut.

Mainan Bayi Harus Besar

Sebelum putra-putri Anda berumur cukup untuk mengerti nasihat yang disampikan, atau sebelum berumur 3 tahun, mainan yang diberikan haruslah berukuran besar agar tidak mudah tertelan. Ukuran ideal dalam memilih mainan untuk bayi adalah 6 cm untuk panjangnya disertai dengan lebar 3 cm.

Anda juga perlu memperhatikan berat mainan yang ingin diberikan untuk si kecil. Pastikan mainan tersebut terbuat dari bahan yang ringan namun tetap kokoh bahkan ketika jatuh. Anda pun bisa memperkirakan berat mainan berdasarkan berat badan yang dimiliki si kecil.

Berwarna Cerah

Guna meraih perhatian anak kecil, mainan yang digunakan hendaknya berwarna cerah dan menarik. Dengan begitu anak akan lebih mudah mengenali dan mengingat benda tersebu. Akan lebih baik apabila mainan yang diberikan terdiri dari beragam warna. Anda pun bisa mulai memberikan mainan dari yang paling sederhana hingga mainan yang kompleks secara bertahan.

Pilih Mainan dengan Bunyi

Anak kecil akan suka dengan bunyi-bunyian yang ditimbulkan oleh benda yang ia pukul. Oleh karena itu bayi senang menggerakkan tangan dan kakinya secara lincah dan memberikan atensi lebih terbadap bunyi orang di sekitarnya.

Untuk semakin mendukung kemampuannya dalam mengenali bunyi, Anda bisa memberikan mainan yang mengeluarkan bunyi tertentu. Semakin unik bunyi yang dihasilkan, maka semakin tertarik pula si kecil untuk memainkan benda tersebut. Bila perlu, berikan benda dengan pilihan bunyi berbeda untuk memberikan stimulasi lebih pada si kecil.

Semoga tips di atas bisa mengatasi sedikit rasa bingung Anda dalam menentukan pilihan yang bagus untuk teman bermain si kecil. Untuk mendapatkan lebih banyak varian mainan bayi yang bermanfaat dan berkualitas bagus, Anda bisa mengunjungi jakmall.com. Selain varian mainan, Anda juga bisa berbelanja kebutuhan si kecil seperti perlengkapan harian dan aksesori lainnya.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published