Ingin Mobil Irit Tapi Malah Sebaliknya? Yuk Kenali Penyebab Mobil Boros BBM

Siapa yang tidak ingin mempunyai mobil irit BBM? Anda tentu mengimpikannya. Biaya transportasi bisa ditekan. Apalagi jika harga BBM baru saja mengalami kenaikan ditambah Anda sering terjebak macet. Wah, mobil yang boros akan membuat kondisi finansial memburuk.

Sebenarnya, boros atau tidaknya mobil yang Anda miliki juga bergantung dari perawatan yang dilakukan. Semakin sering dirawat, performanya akan tetap bagus dan dapat mencegah mobil Anda jadi semakin boros konsumsi bahan bakar.

Ada kerusakan-kerusakan yang perlu Anda perbaiki untuk mengembalikan performa mobil. Karena itu, sebaiknya Anda mengenali penyebab mobil boros BBM. Apa saja? Yuk cek selengkapnya di bawah ini.

  1. Kondisi ban

Setiap Anda akan berkendara, pastikan tekanan ban dalam kondisi pas. Apabila ban kekurangan angin, Anda perlu memompanya dengan benar. Tidak disarankan untuk mengisi ban dengan tekanan berlebih karena bisa membuat ban cepat aus. Ban yang terpompa dengan benar akan menghemat konsumsi BBM hingga 3%.

Selain itu, gunakanlah ban yang sesuai dengan velg mobil Anda. Jangan memodifikasinya dengan ban yang terlalu besar atau terlalu kecil. Walaupun penggunaan ban yang kecil bisa membuat mobil irit BBM, namun hal ini tidak disarankan jika tidak sesuai dengan mobil Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan memilih ban yang hambatan gelindingnya kecil.

  1. Jenis bahan bakar yang digunakan

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan yang disarankan oleh pabrik, membuat mobil Anda lebih cepat boros. Mungkin Anda niatnya berhemat dengan membeli bahan bakar yang lebih murah. Padahal sama saja, BBM yang murah memiliki nilai oktan yang lebih rendah dan mudah habis ketika dipakai.

Selain itu, bahan bakar yang lebih murah biasanya meninggalkan residu atau sisa pembakaran pada mesin Anda. Hal ini akan menimbulkan kerak pada mesin sehingga kinerjanya akan semakin berat.

  1. Filter udara

Filter udara yang jarang dibersihkan akan banyak menumpuk debu yang menyebabkan saluran udara mampet. Karena itulah perawatan secara berkala dibutuhkan.

  1. Beban mobil

Semakin berat dimensi mobil yang Anda punya, semakin meningkat pula konsumsi bahan bakarnya. Mobil yang ringan lebih hemat BBM daripada mobil yang berat. Namun bukan berarti mobil yang lebih ringan selalu menjadi mobil irit.

Jika Anda membawa banyak penumpang dan barang-barang yang berat, mobil ringan sekalipun akan tetap boros BBM. Karena itu, Anda sebaiknya tidak memberikan beban yang terlalu berat kepada mobil agar membuatnya tetap hemat bahan bakar.

  1. Penggunaan AC

Semakin dingin AC, semakin boros mobil Anda. AC yang dinyalakan terus menerus juga akan memperberat kerja mesin. Sebaiknya Anda matikan AC ketika tidak diperlukan atau Anda dalam kondisi macet. Anda bisa menyiasatinya dengan membuka kaca mobil agar tetap ada udara yang masuk.

  1. Kecepatan mobil

Tahukah Anda, tingginya tingkat konsumsi BBM pada mobil Anda juga dipengaruhi oleh cara mengemudi. Jika Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi, mobil akan lebih banyak konsumsi BBM. Apalagi jika Anda melakukan perubahan kecepatan terlalu sering dan secara tiba-tiba. Ya pantas saja, jika angan-angan membuat mobil Anda irit tidak pernah tercapai.

  1. Durasi memanaskan mobil

Ini juga perlu Anda ketahui. Terlalu lama memanaskan mobil dapat menyebabkan boros bahan bakar. Memanaskan mobil terlalu lama dalam keadaan behenti akan membuat konsumsi bahan bakar semakin tinggi. Anda hanya perlu memanaskan mobil Anda kurang lebih selama 1 menit. Atau bisa juga dengan cara membawanya berkendara secara perlahan.

Ada banyak penyebab yang membuat mobil boros bensin. Oleh karenanya, Anda sebaiknya memiliki mobil yang sudah terjamin iritnya. Seperti mobil Toyota Agya. Mobil ini sudah terkenal sebagai mobil yang hemat konsumsi BBM.

Bukan sekedar klaim omong kosong, mobil Toyota Agya telah diakui sebagai mobil irit. Dari segi postur, mobil ini sudah memenuhi kualifikasi mobil hemat BBM. Konsumsi bahan bakar Toyota Agya adalah 15,1 km/liter untuk rute dalam kota dan 20,7 km/liter untuk rute tol.

Dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik, mobil irit keluaran Toyota ini bisa dengan mudah Anda miliki. Tunggu apalagi, segera datangi showroom Toyota terdekat dan miliki mobil hemat impian Anda ini.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published