Ingin Smoothing Rambut? Jangan Asal, Ketahui Dulu 8 Fakta Ini

Rambut lurus memang menjadi hairgoal bagi sebagian besar wanita. Apakah Anda juga ingin memiliki rambut lurus dengan cara instan? Gaya rambut smoothing merupakan salah satu jalan pintas yang bisa Anda pilih. Dengan melakukan perawatan ini Anda tak perlu repot-repot mencatok rambut tiap hari. Sebelum melakukannya, berikut hal fakta yang perlu diketahui.

  1. Bahan Kimia yang Digunakan untuk Smoothing

Umumnya smoothing menggunakan obat yang mengandung protein atau yang sering dikenal dengan keratin yang diaplikasikan sebelum menggunakan flatiron. Prosedur ini bertujuan untuk merombak struktur rambut dan membentuknya menjadi lebih lurus, halus dan lembut.

Meski mampu membuat rambut menjadi lebih lurus dengan efek alami, namun cara yang satu ini tidak selalu cocok untuk semua jenis rambut. Cara ini lebih cocok dilakukan pada rambut ikal, rambut bergelombang, dan  rambut tebal bergelombang. Sedangkan pemilik rambut keriting disarankan untuk memilih cara lain untuk meluruskan rambutnya.

  1. Proses Pengerjaan Smoothing

Proses pengerjaan smoothing dilakukan mulai dari pengaplikasian obat hingga proses pelurusan yang memakan waktu lama. Umumnya proses smoothing membutuhkan waktu kurang lebih 3 – 5 jam tergantung dengan tipe dan panjang rambutnya.

Pertama rambut akan disisir agar tidak kusut. Smoothing dilakukan pada rambut yang kering. Untuk itu pastikan Anda sudah keramas terlebih dahulu. Pasalnya setelah smoothing Anda tidak boleh keramas dalam jangka waktu yang lama. Setelah pengaplikasian obat, butuh waktu hingga cairan meresap. Cairan ini bermanfaat untuk mengubah struktur asli rambut.

  1. Harga dan Daya Tahan Smoothing Rambut

Harga smoothing cenderung lebih mahal dari rebonding meski daya tahannya relatif lebih singkat. Mengapa demikian? Sebab smoothing dilakukan dengan menggunakan keratin yang tidak merusak rambut. Dalam jangka waktu 3 bulan Anda dianjurkan untuk melakukan retouch karena umumnya rambut mulai tumbuh pada periode tersebut.

  1. Perawatan Intensif Tiga Hari Pertama

Setidaknya ada 4 hal yang harus dihindari setelah melakukan smoothing yakni mencuci rambut, mengikat rambut, berenang, dan menekuk rambut saat tidur. Jika merasa sanggup tidak melakukan beberapa hal tersebut maka Anda siap untuk melakukan smoothing.

Sedangkan untuk mempertahankan rambut agar tetap lurus, jangan lupa untuk selalu menggunakan heatprotectionspray sebelum memakai catokan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan TRESemme Keratin Smooth HeatProtectSpray yang mengandung keratin. Kandungan ini efektif untuk melindungi rambut dari efek negatif paparan suhu panas.

  1. Perawatan Jangka Panjang Setelah Smoothing Rambut

Selain beberapa hal di atas, penting juga bagi Anda mengetahui perawatan jangka panjang setelah melakukan smoothing. Untuk rambut yang sudah di-smoothing, pastikan selalu gunakan sampo dan kondisioner yang tepat. Penggunaan produk yang tepat bermanfaat untuk melembapkan rambut kering dan bercabang sekaligus mencegah kerusakan pada rambut.

Selain itu jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner setelah keramas untuk menjaga kelembapan rambut. Diamkan kondisioner lebih lama dari biasanya. Jika biasanya Anda menggunakan selama 1 menit, kali ini tak ada salahnya untuk menggunakannya selama 3 menit.

  1. Jangka Waktu Keramas

Keramas setiap hari ternyata adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Terlebih lagi bagi Anda yang baru saja melakukan smoothing rambut. Keramas terlalu sering ternyata bisa mengubah bentuk rambut. Jadi usahakan keramas 2 hari sekali. Jika rambut terasa lepek, Anda bisa menggunakan dryshampoo untuk mengurangi minyak berlebih di akar rambut.

Kini gaya rambut smoothing menjadi salah satu tren yang banyak diminati oleh wanita. Terlebih lagi rambut lurus dan berkilau tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun sebelum memutuskan untuk smoothing rambut, di atas merupakan beberapa fakta yang perlu diketahui. Jangan lupa lakukan perawatan yang tepat agar rambut tetap lurus, lembut, dan berkilau.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published