Jangan Abaikan, Gejala Gangguan Kesehatan Ini Harus Segera Ditangani

Banyak sekali dari Anda suka mengabaikan gejala gangguan kesehatan dan merasa semuanya bisa diatasi di rumah saja. Padahal ada banyak gejala yang merupakan signal tubuh, memberi tahu bahwa ada yang tidak baik-baik saja dan harus ditangani tim medis secara profesional. Karena bisa-bisa, gejala semakin parah dan fatal. Lebih dari itu, sudah ada SehatQ yang akan membantu Anda mengetahui lebih jelas tentang gejala yang dirasakan.

Gejala-Gejala yang Perlu Penanganan Lanjut

Berikut beberapa gejala yang harus segera ditangani atau membawa penderita ke UGD:

1.     Cedera Fisik Karena Kecelakaan

Baik kecelakaan karena berkendara, atau pun kecelakaan akibat berkegiatan seperti berolahraga, segera bawa pencerita ke rumah sakit. Cedera fisik seperti terkilir, tulang yang terasa retak, benturan, dan banyak lagi sering disepelekan. Nyatanya, banyak mereka yang kehilangan nyawa akibat menyepelekan dan menganggap cedera biasa saja.

2.     Demam Tinggi

Mengalami demam bisa menjadi gejala normal karena tubuh sedang tidak sehat. Namun demam tinggi yang diikuti gejala lainnya seperti sakit kepala, nyeri di badan, mual muntah, hingga diare harus ditangani lebih lanjut. Apalagi demam yang sampai menyebabkan penderitanya mengigau dan ling-lung.

3.     Serangan Jantung

Anda yang mengalami gejala serangan jantung seperti nyeri di area dada, punggung, leher, dan rahang pun harus segera dibawa ke rumah sakit. Walau nyeri tidak begitu sakit, atau pun masih bisa beraktivitas, tetap harus segera ditangani.

4.     Sesak Napas

Mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas pun lebih baik segera ke UGD untuk mendapat pertolongan. Gejala sesak napas ini bisa difaktori oleh banyak hal, termasuk gejala serangan jantung.

5.     Pingsan

Tidak semua pingsan bisa ditangani dengan menyadarkannya. Seseorang yang tidak sadarkan diri dan masih bernapas bisa saja mengalami gangguan kesehatan parah yang harus segera ditangani oleh dokter.

6.     Sakit Kepala Hebat

Sakit kepala hebat yang mengganggu dan tidak bisa diatasi dengan obat pereda nyeri pun harus ditangani lebih lanjut. Biasanya sakit kepala yang merupakan gejala serius terasa tidak biasa, nyeri di area yang juga tidak biasa. Hingga menyebabkan gejala lain seperti muntah-muntah dan kehilangan kesadaran.

7.     Keracunan

Gejala keracunan seperti sakit perut, muntah, sesak napas, dan lainnya harus secepatnya ditangani. Keracunan ini termasuk gejala alergi makanan atau minuman bagi sebagian orang. Terkadang ada penderita alergi yang harus mengalami gejala parah akibat tidak sengaja mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

8.     Kejang

Kejang bisa juga menjadi gejala dasar atau lanjut. Mengalami kejang-kejang termasuk gangguan kesehatan yang parah. Apalagi bagi bayi dan anak-anak. Umumnya kejang menyebabkan kehilangan kesadaran. Gejala ini menggambarkan adanya masalah yang terjadi pada organ otak.

9.     Diare Parah

Berikutnya ialah diare. Diare normal berupa buang air besar lebih dari 2x dalam sehari dengan gangguan perut terasa sakit dan melilit. Diare pun bisa diikuti muntah dan gejala dehidrasi. Diare memang bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk itu diare yang parah harus segera ditangani di rumah sakit.

10.  Percobaan Bunuh Diri

Cedera atau mengalami gangguan kesehatan akibat melakukan percobaan bunuh diri pun harus ditindaklanjuti meski tidak parah, atau pun tidak menderita luka fisik. Biasanya mereka yang melakukan percobaan bunuh diri akan diberi obat penenang.

Masih banyak gejala lainnya yang lebih baik segera ditangani di rumah sakit. Anda bisa kunjungi SehatQ untuk mendapat lebih banyak informasi seputar kesehatan. Anda juga bisa mencari jadwal dokter di rumah sakit terdekat serta melakukan chat dan diskusi bersama dokter ahli.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published