Mana Yang Lebih Tepat Untuk Dipilih Antara Asuransi Syariah Dengan Asuransi Konvensional?

Semakin banyaknya program asuransi saat ini, membuat sebagian orang bingung menentukan pilihan asuransi mana yang tepat untuk digunakan. Apakah asuransi jiwa syariah , asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan atau  lainnya? Jika tertarik ingin menggunakan asuransi dengan basis syariah, namun masih bingung mengenai perbedaan asuransi syariah dengan yang konvensional, coba simak sedikit ulasan pada artikel ini.

1.       Apa Perbedaan Asuransi Syariah Dengan Asuransi Konvensional?

Tidak sedikit yang melontarkan pertanyaan semacam ini, hal ini menunjukkan masih banyak orang yang belum mengetahui prinsip dasar perbedaan anatara asuransi syariah dengan asuransi konvensional. Untuk asuransi syariah, prinsip dasar pengelolaan dananya bersifat saling tolong menolong sedangkan untuk asuransi konvensional lebih kepada sharing of risk dimana setiap risiko yang mungkin terjadi dibebankan kepada pihak perusahaan dan juga peserta.

2.       Bagaimana Pengelolaan Dana Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional?

Salah satu perbedaan mendasar lainnya antara kedua asuransi ini yaitu pada sistem pengelolaan dananya. Pada asuransi syariah, dana dikelola secara transparan dan menjadi hak milik bersama semua peserta asuransi, pihak perusahaan asuransi jiwa syariah atau lainnya, hanya berperan sebagai pengelola, bukan pemilik dana yang sudah dibayarkan oleh peserta asuransi. Berbeda halnya dengan asuransi konvensional, yang mana dana yang masuk menjadi sepenuhnya hak miliki perusahaan asuransi dan pihaknya berhak melakukan pengelolaan serta alokasi dana sesuai dengan keinginan perusahaan.

3.       Mana Yang Lebih Baik Antara Asuransi Syariah Dengan Asuransi Konvensional?

Bicara soal mana yang lebih baik, mau tidak mau pasti perlu perbandingan antara keduanya. Namun kembali lagi, perihal mana yang lebih baik rasanya sesuatu yang relatif. Akan lebih bijak jika dapat menentukan pilihan berdasarkan kebutuhan. Untuk para muslim yang menginginkan suatu produk asuransi dengan basis syariah serta sesuai kaidah ajaran agama islam, tentu memilih asuransi syariah dirasa lebih tepat dan menentramkan. Untuk ini pulalah, beberapa perusahaan asuransi membuat produk asuransi syariah, seperti asuransi jiwa syariah, asuransi kesehatan syariah, asuransi pendidikan syariah dan sebagainya. Ini merupakan upaya perusahaan asuransi dalam menjangkau dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk asuransi secara lebih luas khususnya kaum muslim.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published