Manfaat Bermain Sambil Belajar untuk Sang Buah Hati

Setiap anak tentunya memiliki masa golden age pada 5 tahun pertama dalam kehidupannya. Dalam masa ini tentunya orang tua harus mengoptimalkan tumbuh kembangnya agar kelak sukses di masa depan. Terlebih lagi masa ini merupakan tahapan penting dalam pembentukan intelektual. Nah berikut merupakan beberapa manfaat bermain sambil belajar untuk si kecil.

Menemukan Apa yang Bisa Dilakukan dan Mengambangkannya

Tanpa disadari bermain sambil belajar mampu mendorong perkembangan intelektual, sosial, fisik, dan keterampilan sang buah hati. Salah satu perkembangan sosial yang mungkin terjadi adalah dengan melihat cara sang buah hati mendekati dan bersama dengan teman sebayanya, berkompromi, hingga bernegosiasi.

Ketika sang buah hati mengalami kegagalan saat melakukan sebuah permainan, maka secara tidak langsung hal ini juga akan membuat sang buah hati mengerti mengenai arti kegagalan yang sebenarnya. Hal ini juga akan membuat sang buah hati mengerti bahwa mereka harus bertanggungjawab atas hal yang sudah dilakukan.

Melatih mental Sang Buah Hati

Ketika sedang bermain, maka anak-anak juga akan mulai berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Tak hanya itu saja, si kecil juga cenderung akan mengekspresikan pengetahuan yang dimiliki sekaligus mendapatkan pengetahuan baru. Jadi belajar tak harus selalu dilakukan di dalam ruangan secara terus menerus ya.

Dengan demikian maka Anda juga akan dapat mengetahui, mengamati, dan mengenal lebih dalam sang buah hati ketika sedang bermain. Tak hanya itu saja, aktivitas yang satu ini juga mampu membuat Anda mengetahui mengerti apa kesan dan harapan si kecil terhadap orang tua dan keluarganya.

Mengembangkan Pola Sosialisasi dan Emosi Anak

Belajar di luar rumah juga bisa membuat si kecil belajar tentang sosialisasi. Si kecil akan mulai belajar mengenai nilai keberhasilan pribadi ketika berhasil memasuki suatu kelompok. Bahkan ketika si kecil memerankan peran jahat atau baik, hal ini juga akan kaya akan pengalaman emosi. Bahkan mereka juga mampu belajar mengenai perasaan yang terkait.

Melatih Motorik dan Mengasah Daya Analisa Anak

Dengan belajar melalui sebuah permainan, sang buah hati juga cenderung akan lebih dapat mengerti mengenai banyak hal. Salah satunya adalah dengan melatih kemampuan menyeimbangkan antara saraf motorik halus dan kasar. Terlebih lagi tanpa disadari hal yang satu ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologisnya.

Pasalnya permainan mampu memberikan kesempatan pada sang buah hati untuk menghadapi situasi sekaligus memecahkan masalah yang ada. Bahkan si kecil juga akan berusaha untuk memahami dan menganalisis masalah yang terdapat dalam permainan tersebut.

Mengembangkan Otak Kanan Si Kecil

Permainan cenderung memiliki aspek yang menyenangkan sekaligus membuka kesempatan bagi sang buah hati untuk menguji kemampuan dirinya ketika harus berhadapan dengan teman seusianya. Bahkan si kecil juga akan mengembangkan perasaan realistis pada dirinya. Hal ini tentu akan memberikan kesempatan untuk si kecil mengembangkan otak kanannya.

Lebih Memahami Diri Sendiri

Ketika sedang bermain, maka sang buah hati juga akan menentukan pilihan. Dengan kata lain si kecil harus memilih dan menentukan apa yang akan dimainkan. Begitu pula sebaliknya, sang buah hati juga harus memilih dengan siapa dia akan bermain.

Tanpa disadari semua pilihan tersebut akan membantu terbentuknya gambaran mengenai dirinya dan membuat sang buah hati merasa mampu untuk mengendalikan diri. Tak hanya itu saja, identitas dan kepercayaan diri sang buah hati juga akan terus berkembang tanpa ada rasa takut gagal atau takut kalah.

Itulah beberapa manfaat bermain sambil belajar untuk sang buah hati. Ternyata bermain juga dapat dijadikan ajang untuk membantu tumbuh kembang si kecil agar lebih optimal. Dengan menggunakan detergen Rinso dapat membuat pakaian si kecil lebih lembut dan nyaman yang mampu membuat aktivitas bermain menjadi lebih menyenangkan.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published