Mengenal 2 Sistem Klaim Asuransi Kesehatan

Ketika membeli asuransi kesehatan umumnya orang hanya berfokus pada manfaat serta besaran plafon dan premi. Padahal sistem klaim asuransi juga penting untuk dipertimbangkan dalam pembelian asuransi. Secara umum sistem ini terdapat 2 jenis, asuransi kesehatan cashless dan reimburse, mana yang lebih baik? Berikut pembahasannya.

Sistem Klaim Reimburse

Sistem klaim reimburse adalah sistem klaim di mana nasabah diharuskan membayar terlebih dahulu biaya pengobatan ketika melakukan perawatan di fasilitas kesehatan. Kemudian, klaim uang pertanggungan dilakukan setelah selesai melakukan perawatan dengan cara mengajukan ke pihak asuransi.

Proses klaim ini umumnya dilakukan dengan mengisi dan melengkapi sejumlah berkas, seperti form pengajuan, resume medis, nota pengobatan, identitas dan berkas lainnya. Itulah sebabnya sistem ini disebut reimburse (membayar terlebih dahulu).

Sistem Klaim Cashless

Sedangkan, sistem klaim cashless merupakan sistem di mana nasabah tidak perlu membayar terlebih dahulu, nasabah hanya perlu datang ke fasilitas kesehatan dan menunjukkan kartu asuransi. Semua proses pembayaran biaya pengobatan akan diurus langsung oleh pihak asuransi sesuai kesepakatan kedua belah pihak (pihak asuransi dan fasilitas kesehatan).

Itulah sebabnya mengapa sistem ini disebut cashless, karena tidak perlu membayar. Nasabah hanya perlu membayar apabila biaya pengobatan melebihi plafon ataupun biaya pengobatan tertentu yang tidak ditanggung pihak asuransi.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan sistem cashless dibanding sistem reimburse adalah lebih mudah karena hanya perlu datang ke fasilitas kesehatan dan menunjukan kartu asuransi tanpa perlu memikirkan biaya talangan. Namun, kekurangannya adalah pengobatan hanya bisa dilakukan di fasilitas kesehatan yang sudah ditentukan.

Kelebihan sistem reimburse adalah lebih bebas dalam memilih fasilitas kesehatan dan umumnya harga preminya lebih murah dibanding sistem cashless. Namun, kekurangannya proses pengajuan klaim yang ribet dan lama. Selain itu, sistem ini akan merepotkan jika dalam keadaan darurat atau sedang tidak memiliki uang.

Itulah penjelasan singkat tentang sistem klaim cashless dan reimburse pada asuransi kesehatan. Jadi, mana yang lebih baik? Menurut saya pribadi sistem cashless tetap lebih baik. Pasalnya, keterbatasan dalam memilih fasilitas kesehatan bisa diminimalisir dengan memilih penyedia asuransi yang memiliki banyak rekanan fasilitas kesehatan, seperti Allianz.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published