Menu MPASI dari Sayuran untuk Tumbuh Kembang Lebih Optimal

Makanan pendamping ASI atau MPASI bisa diberikan pada si kecil jika mereka sudah mencapai kemampuan makan makanan yang bertekstur. Sayuran menjadi salah satu makanan yang bisa digunakan sebagai menu MPASI yang sehat sehingga bisa mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

  • Wortel

Wortel menjadi salah satu sayuran favorit bagi para bayi. Bukan saja akrena rasanya yang cenderung manis, wortel juga memiliki bentuk dan warna yang menarik perhatian sehingga membuat si kecil senang memakannya. Wortel juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh si kecil.

Beberapa kandungan nutrisi wortel antara lain vitami A, B, C hingga kalsium yang bisa mendukung pertumbuhan tulang mereka. Wortel juga mengandung potasium yang baik untuk penglihatan bayi dan bisa memperkuat daya imun bayi. Sajikan wortel yang sudah lembut dan hindari penambahan garam atau penyedap rasa.

  • Labu Madu

Labu madu atau yang sering disebut sebagai butternut squash memiliki daging yang mirip dengan labu kuning. Hanya saja, bentuk labu madu lebih oval. Nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak kalah banyak dari wortel, yaitu vitamin B6, vitamin C, serat dan potasium yang baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

Sebelum Anda membeli labu madu, perhatikan bagian kulitnya. Pilihlah labu dengan kulit yang lebih mengkilap karena menunjukkan jika labu tersebut sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Untuk pengolahannya, Anda bisa merebus labu yang sudah diporong kecil-kecil untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

  • Bayam

Sayuran hijau yang satu ini memang sudah dikenal dalam menu MPASI untuk si kecil. Kandungan zat besi, kalsium, aneka vitamin, asam folatm fosfor hingga mangan bermanfaat untuk perkembangan otak dan tubuh bayi sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan si kecil memiliki otak yang cerdas.

Anda bisa menyertakan sayur bayam untuk membuat bubur tim yang lembut. Dengan adnaya sayur bayam akan membuat MPASI menjadi lebih segar dan nikmat jadi bayi Anda akan menyukainya. Makanan ini juga mudah untuk dicerna jadi tidak akan mengganggu sistem pencernaan Anda.

  • Brokoli

Siapa yang tak kenal dengan sayur segudang manfaat ini? Brokoli menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan nutrisi lengkap sehingga bisa dijadikan MPASI untuk perkembangan otak lebih optimal, meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar pencernaan, membantu dan mencegah kanker berbahaya.

Brokoli sering disebut sebagai super food karena memang berbagai nutrisi baik untuk tubuh terkandung dalam brokoli. Cara pengolahannya sangatlah mudah, yaitu mengukus atau merebusnya terlebih dulu untuk mendapatkan tekstur yang lembut. Anda bisa menghaluskan brokoli atau memberikan brokoli sebagai camilan bayi.

  • Ubi Jalar

Jenis sayuran lain yang bisa Anda gunakan dalam membuat MPASI ini adalah ubi jalar. Tekstur lembut dan rasa yang manis membuat banyak orang tua memberikan ubi jalar pada bayi kesayangan mereka. Selain itu, kandungan vitamin C dan beta karoten yang tinggi mampu membantu meningkatkan daya tahan si kecil.

Ubi jalar juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Warnanya yang mencolok juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi bayi untuk menikmati MPASI. Anda harus mengukusnya terlebih dahulu hingga empuk dan lembut baru kemudian Anda bisa memberikannya pada si kecil.

Demikian beberapa sayuran yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pembuatan menu MPASI. Karena bahan-bahan yang digunakan merupakan buah dan sayur yang bermanfaat, maka jangan menambahkan rasa lain pada makanan si kecil, baik itu garam, gula, apalagi penyedap rasa.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published