Prosedur dan Syarat Perpanjangan STNK Tanpa Perantara

Apakah Anda sudah tahu bagaimana prosedur dan syarat perpanjangan STNK? Lantas apa benar jika perpanjang STNK selalu identik dengan proses yang ribet dan merepotkan? Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor, setiap tahunnya wajib membayar pajak dan perpanjang STNK. Nah berikut prosedur perpanjang STNK tanpa perantara.

Mengapa Harus Perpanjang STNK?

Sudah pernahkah Anda mengurus proses perpanjangan STNK sendiri langsung di Samsat? Kebanyakan orang berpikir jika proses dan prosedur perpanjang STNK selalu memakan waktu yang lama dan calo ada di mana-mana. Bukan tidak mungkin jika bayangan yang satu ini membuat Anda malas karena harus membuang-buang waktu.

Bayangan repotnya mengurus STNK membuat banyak orang lebih memilih menyewa calo dari pada mengurus sendiri. Namun tahukah Anda jika hal ini hanya akan membuat biaya perpanjang STNK jadi lebih besar dan Anda menjadi tidak tertib aturan. Padahal sebenarnya proses perpanjang STNK tidak ribet dan merepotkan jika Anda tahu syarat dan prosedurnya.

Syarat dan Prosedur Perpanjang STNK

Sebelum mengetahui bagaimana prosedur perpanjang STNK, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu mengapa perpanjang STNK harus dilakukan. Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor tentunya wajib mendaftarkan kendaraannya ke Samsat daerah. Pendaftaran ini bertujuan agar Anda mendapatkan BPKB, STNK, dan TNKB.

Baik untuk para pemilik plat nomor cantik atau tidak, STNK dan TNKB memiliki masa berlaku sampai 5 tahun dan setiap tahunnya Anda perlu ke Samsat untuk mendapatkan pengesahan tahunan. Pengesahan ini ditandai dengan cap atau stiker yang tersedia pada kotak. Jika sudah 5 tahun, Anda wajib melakukan perpanjangan STNK dan TNKB.

Persyaratan Perpanjang STNK Tahunan

Bagi Anda para pemilik plat nomor cantik atau tidak, sebelum datang ke Samsat guna perpanjang STNK, penting bagi Anda untuk mempersiapkan dokumen dan syarat perpanjang STNK. Beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan antara lain STNK asli dan fotokopi, KTP asli sesuai STNK dan fotokopinya, BPKB, dan motor yang ingin dibayar pajaknya.

Jika semua persyaratan perpanjang STNK tersebut sudah lengkap, maka Anda hanya perlu datang ke Samsat daerah Anda. Selain itu, ada baiknya Anda membawa alat tulis sendiri. Dengan begitu maka Anda tak perlu mengantre terlalu lama ketika hendak mengisi formulir.

Prosedur Perpanjang STNK

Secara garis besar ada beberapa tahapan yang perlu Anda lalui sebelum melakukan pembayaran STNK. Mulai dari cek kondisi motor atau gesek, validasi hasil cek fisik, mengisi formulir perpanjang STNK, mendaftar pembayaran pajak, melakukan pembayaran, hingga mengambil STNK dan nomor plat baru.

Itulah beberapa prosedur dan syarat perpanjangan STNK tanpa perantara. Faktanya proses perpanjang STNK tak selalu identik dengan proses yang merepotkan jika Anda tahu persyaratan dan prosedurnya. Untuk itu, jadilah warga negara yang baik dengan rutin membayar pajak tiap tahunnya.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published