Siapa sih Iman Usman? Simak Kisah Hidupnya!

Nama Iman Usman lekat kaitannya dengan start up Ruang Guru yang akhir-akhir ini tenar karena banyaknya kebutuhan akan pendidikan di Indonesia. Yup! Beliau adalah founder dari Ruang Guru yang sukses menginspirasi banyak orang. Seperti apa sih profil dari tokoh muda yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak di sini!

Latar Belakang

Pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Iman Usman ini lahir di Padang pada 21 Desember 1991. Beliau adalah seorang tokoh muda, pengusahaa, aktivis sosial dan aktif berbicara dalam berbagai forum baik itu nasional maupun internasional. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai Duta Muda ASEAN untuk Indonesia.

Selain telah mendirikan dan memimpin perusahaan start up Ruang Guru, beliau juga merupakan pendiri Indonesian Future Leaders yang merupakan sebuah organisasi nirbala yang fokus pada pemberdayaan pemuda di Indonesia. Jangan bayangkan bahwa Iman berasal dari keluarga kaya yang mendapatkan akses pendidikan dengan mudah sejak kecil.

Itu salah. Beliau malah lahir dari orang tua yang sama sekali tak pernah mengeyam bangku pendidikan hingga bangku kuliah. Namun, berkat tekad dari kedua orang tua dan tekad Iman sendiri, beliau pada akhirnya bisa berhasil seperti sekarang dan jadi orang yang cukup berpengaruh di Indonesia.

Jiwa Sosial Sudah Tumbuh Sejak Usia Dini

Pemuda kelahiran Padang ini rupanya sudah memulai jiwa sosial sejak masih usia dini. Bungsu dari enam bersaudara ini sudah mengawali tulisan blog miliknya sejak ia duduk di bangku sekolah dasar. Ia juga telah meluncurkan sebuah organisasi nirbala pertama ketika ia berumur 10 tahun.

Organisasi itu memiliki tujuan untuk mengajar teman sebaya tanpa memungut biaya satu rupiah pun. Selain itu, beliau semasa kecil juga sering prihatin melihat rekannya yang tak memiliki buku. Dengan idenya, beliau membantu teman yang kurang buku membeli buku dengan sengaja disimpan di rak di teras rumah.

Dia sengaja meletakkannya di sana agar temannya tak memiliki akses membeli buku bisa membaca tanpa harus membeli. Jiwa sosialnya terus bertumbuh dan itu didukung dengan orang-orang di sekitarnya. Pada akhirnya, beliau memperoleh banyak penghargaan seperti Penghargaan sebagai Pemimpin Muda Indonesia tahun 2008 dari Presiden Indonesia.

Inspirasi Dunia Maya ke Dunia Nyata

Berawal dari kesenangannya dengan tokoh Harry Potter, beliaupun memulai perjalanan hidupnya dengan pengaruh dari film tersebut. Demi bisa membaca buku Harry Potter, beliau belajar Bahasa Inggris karena tak sabar menunggu terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Beliau juga manfaatkan internet untuk browsing dan melakukan chatting dengan komunitas.

Dari sana, beliau juga mulai main game online bertema Harry Potter. Beliau mulai dari tingkat murid hingga menjadi Profesor dengan gelar Profesor Astronomi. Dari game inilah, beliau pada akhirnya menemukan passion sebagai pengajar dan mendirikan Ruang Guru untuk membantu banyak orang di Indonesia.

Berdirinya Ruang Guru juga diharapkan mampu membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia karena memiliki basic digital yang pasti lebih disukai anak. Beliau mendirikan Ruang Guru ini bersama sahabatnya, Adamas Belva Devera karena merasa kualitas pendidikan di sekolah umum masih kurang memenuhi kebutuhan siswa di zaman ini.

Inspiratif sekali, kan kisah dari Iman Usman ini? Ide untuk berhasil itu memang bisa datang dari mana saja, bahkan dari kesukaan pada tokoh tertentu dan juga dari game layaknya yang terjadi pada Usman. Sekarang, giliran Anda membangun diri sendiri dan menemukan jati diri sehingga bisa jadi yang terbaik.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published